Wednesday, June 17, 2009

Resep Lapis Legit Klasik Hadi Tuwendi



Nah ini salah satu kue kesukaan aku ney, suka bikin setengah resep buat nyemil2 sendirian (pantes ndut...). Bikinnya kudu sabar, ga punya api atas, pake api bawah aja (loyangnya juga taro di bawah jadi sama aja pake api atas xixixi).

Ga tau kenapa ya, punya oven gituh amat, pas dinyalain api atas, duh kaya korek api aja nyala-nya, ga bisa di gedein ato dikecilin...segitu2 aja...yah begitu deh, musti kreatif dikit kalo ga mau beli (a.k.a pelit xixi)

Lapis Legit Klasik
Original recipe : Hadi Tuwendi

Bahan :
700 gr butter
900 gr kuning telur (60 butir )
430 gr gula halus
50 gr Susu bubuk
60 gr terigu
3 sdm Susu kental manis
5 gr bumbu spekoek baru (10 gr bumbu spekoek kemasan)
1 gr garam
1 sdt vanilla essence (Flavour)
2 sdt pewarna kuning (egg colour yellow)

Cara membuat :
1. dinginkan butter, kemudian potong kecil, tambahkan garam kemudian kocok.dengan speed medium. tambahkan susu kental manis..sisihkan
2. di tempat terpisah kocok kuning telur dan gula halus sampai mengembang dan kental beri pewarna kuning telur
3. campur bahan kering (terigu, susu bubuk, bumbu spekuk/lapis)
3. campur adonan kuning telur dengan mentega kocok bertahap ke dalam adonan mentega dan telur...diselingi dengan memmasukan bahan kering (teridu dkk)..aduk hingga rata.
4. timbang adonan sebesar 80 sampai 90 gr (3 -4 sdm)
5. masukan ke dalam loyang ukuran 22x 22x8 cm yang telah dioles mentega dan telah dialasi dengan kertas roti, ratakan dengan scraper atau punggung sendok, panggang diatas api bawah dengan suhu 180°..hingga kuning ke coklatan kurang lebih 5 menit
6. setelah matang tekan dengan penekan kue lapis. kemudian tambahkan adonan sebesar 80-90 gr (3-4 sdm) panggang dengan api atas dgn suhu 180° hingga kuning kecoklatan. ulangi hingga adonan habis

No comments:

Post a Comment

Post a Comment